Tidak hanya sekedar menahan rasa haus dan lapar. Beribadah puasa di bulan Ramadhan juga memiliki makna lain yang luar biasa dan menjadi saat penting untuk lebih dekat dengan Sang Pencipta. Beberapa hal ini patut Anda ketahui agar ibadah puasa Anda menjadi lebih bermakna:

  1. Puasa Dapat Menahan Diri dari Emosi

Dengan berpuasa, kita tidak hanya dapat menahan rasa haus dan lapar akan tetapi juga melatih kesabaran dan rasa emosi di dalam diri. Ada baiknya Anda melakukan hal-hal positif serta meningkatkan ibadah seperti, melakukan shalat sunah, mengaji, dan kegiatan manfaat lainnya.

  1. Puasa Dapat Menahan Diri dari Ghibah

Membicarakan keburukan orang lain atau ghibah menjadi salah satu dosa besar yang dapat mengurangi pahala puasa. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Hindarilah oleh kalian perbuatan ghibah. Karena ghibah lebih besar dosanya daripada zina. Seseorang terkadang berzina kemudian bertaubat kepada Allah SWT dan diterima taubatnya oleh Allah. Sedang orang yang berbuat ghibah, dia tidak akan diampuni sampai orang yang dia ghibahi memaafkannya,”. (Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali)

  1. Ramadhan Bulan Penuh Berkah dan Rahmat dengan Malam Lailatul Qadar

Salah satu yang dinanti-nanti saat bulan Ramadhan adalah malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar berada pada 10 malam terakhir yang menjadi malam kemuliaan untuk bermunajat, memanjatkan doa, bershalawat, bertilawah, berdzikir, dan bertadarus. Barang siapa yang beribadah di malam tersebut, akan mendapat pahala beribadah selama 1000 bulan.

  1. Bulan Ramadhan Merupakan Bulan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan merupakan bulan saat diturunkannyya kitab suci Al-Quran. Bulan Ramadhan juga merupakan Nuzulul Qur’an atau malam disampaikannya wahyu kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril.

  1. Tidak Semua Diwajibkan untuk Berpuasa

Puasa tidak diwajibkan kepada mereka yang sakit, anak-anak yang belum baligh, ibu hamil dan menyusui, menstruasi atau orang yang harus bepergian jauh (musafir). Mereka dapat memilih untuk menggantinya kemudian hari atau membayar fidyah dengan memberikan makan kepada orang yang tidak mampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.